Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Pengenalan Bank Syariah Serta Perbedaanya Bagi Anggota Karang Taruna Kebon Tebu, Muara Baru.

Salah satu peran sebagai mahasiswa adalah agent of change  yang dapat terjun langsung dalam kegiatan masyarakat. Untuk itu kuliah Kerja So...


Salah satu peran sebagai mahasiswa adalah agent of change yang dapat terjun langsung dalam kegiatan masyarakat. Untuk itu kuliah Kerja Sosial (KKS) merupakan suatu kegiatan yang sangat penting Bagi Mahasiswa UHAMKA, setelah menyelesaikan materi perkuliahan selama enam semester terakhir, mahasiswa Fakultas Agama Islam UHAMKA angkatan 2017 melaksanakan KKS yang merupakan kegiatan akademik yang merupakan agenda besar dan diselengarakan setiap tahun oleh mahasiswa semester VII (tujuh)  FAI UHAMKA sebagai bagian dari bentuk pengabdian nyata kepada masyarakat setempat guna mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan. 

 

Sehubungan dengan adanya wabah Covid 19 yang sedang dialami dunia termasuk Indonesia, maka kegiatan KKS pada tahun 2021 ini diselenggarakan terbatas dan seminimal mungkin tidak mengadakan kegiatan yang akan menyebabkan kerumunan. Kami yang beranggotakan David Fatoni, Nur Ainun Oktafiani dan Fajar Rizkiansyah, melaksanakan kegiatan KKS dengan Karang Taruna Kebon Tebu Muara Baru sebagai mitra kamiyang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 19 Februari 2021

 

Kegiatan KKS dilakukan melalui kegiatan Webinar menggunakan Zoom Meeting untuk memberikan sosialisasi serta edukasi yang bertemakan Bank Syariah Sebagai Solusi Keuangan Masyarakat, yang dipaparkan oleh kami sebagai tim pelaksana kegiataan KKS ini dan diikuti oleh anggota dan pengurus Karang Taruna Kebon Tebu Muara Baru. Webinar ini memiliki beberapa pokok pembahasan yaitu Pengertian, Fungsi dan Tujuan Perbankan Syariah, Pebedaan Bank Syariah dan Non Syariah, beberapa Akad yang diguanakan Bank Syariah, Teknologi yang memberikan kemudahan bagi pengguna seperti M-Banking serta Pentingnya Menabung Sedini mungkin bagi Generasi Milenial.



Webinar ini bertujuan agar masyarakat dalam hal ini anggota dan pengurus Karang Taruna Kebon Tebu Muara Baru mengetahui Perbankan Syariah serta perbedaanya dengan non syariah dan meningkatkan minat menggunakan produk bank syariah sebagai solusi keuangan. Selain itu, dengan adanya webinar ini juga untuk dapat meningkatkan literasi keuangan khususnya manfaat dari menabung sejak dini  pada generasi milenial.

 

Diharapkan dengan adanya kegaiatan kuliah Kerja Sosial (KKS) Mahasiswa Fakultas Agama Islam Prodi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) angkatan 2017 dapat memberikan serta memperoleh manfaat bagi kami selaku mahasiswa menambah pengalaman serta pelajaran dalam hidup bermasyarakat  dan mitra  mengetahui tentang Perbankan Syariah dan juga penting nya Menabung.

 

Penulis: Nur Ainun Oktafiani