Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Sejarah singkat dan strategi pemasaran PT Sido Muncul

Sejarah singkat dan strategi pemasaran PT Sido Muncul Sejarah  singkat dan strategi pemasaran PT Sido Muncul Ibu Rahkmat sulistio d...

Sejarah singkat dan strategi pemasaran PT Sido Muncul

Image result for gambar sidomuncul Sejarah singkat dan strategi pemasaran PT Sido Muncul Ibu Rahkmat sulistio dan tiga orang karyawan pada mulanya mendirikan sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940 dan yang kini dikenal sebagai perusahaan Jamu sido muncul. Pada saat itu Sido muncul dikelola dengan cara yang sangat sederhana dan tradisional, sido muncul sendiri awal mulanya di kota Yogyakarta. Pada tahun 1950an banyak permintaan yang masuk untuk membuat jamu dalam bentuk kemasan yang menurut mereka lebih praktis. Dari banyaknya permintaan akhirnya pihak pengelola jamu memutuskan untuk membuat kemasan jamu dalam bentuk serbuk dan dinilai lebih praktis. Ketika tahun 1951 perusahaan jamu itu pindah kesemarang dikarnakan kepindahan tempat tinggal Dan perusahaan jamu tersebut akhirnya diberikan nama Sido Muncul yang mempunyai arti “Impian yang Terwujud” .Akhirnya perusahaan jamu tradisional ini diberi merek Tolak Angin dan perusahaan ini pertama kali didirikan di JL. Mlaten Trenggulun.Perlahan demi perlahan masyarakat mulai menyukai beberapa produk yang dimiliki sidom uncul sehingga produk sido muncul berhasil memproduksi jamu dilingkungan industry kecil di jl. Kaligawe semarang Pada tahun 1990an awal akhirnya perusahaan jamu sido muncul memutuskan untuk menggunakan peralatan mesin modern dalam memproduksi jamu karna banyaknya permintaan. Sehingga pada tahun ini juga dimulailah produksi jamu secara modern dan pengendalian perusahaan secara professional. Tahun 1997 lahan seluas 29 Ha didirikan pabrik baru di Klepu Ungaran oleh perusahaan Sido Muncul. Pada tanggal 11 November 2000 peresmian Pabrik baru ini dilakukan oleh Menteri Kesehatan yang pada saat itu sedang dijabat oleh Dr. Ahmad sujudi. Ketika Peresmian pabrik, sido muncul mendapatkan dua sertifikat sekaligus,yaitu sertifikat cara pembuatan obat yang baik (CPOB) dan cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB) yang dimana sertifikat ini setara dengan farmasi.karna sertifikat ini yang pada akhirnya menjadikan PT. Sido Muncul Sebagai satu-satunya pabrik yang memiliki standar farmasi. Lokasi pabrik ini mempunyai bangunan pabrik seluas 7 hektar, 1,5 hektar adalah tanah agrowisata dan sisanya merupakan kawasan lingkungan pabrik Pada dekade tahun 2000an PT. Jamu Sido Muncul mulai membuat beberapa inovasi ke produknya yang tidak semata mata hanya jamu tradisional akan tetapi mencoba merintis pada minuman berstamina seperti premen kesehatan, Kuku Bima dan Permen Tolak Angin dan lain sebagainya, tujuannya untuk mendongkrang penjualan. Diindonesia sendiri pada saat ini sangat banyak perusahaan yang fokus dibidang jamu tradisional seperti PT. Deltomed Laboratorie, PT. Jamu Cap Nyonya Meneer, Jamu Jago dan lain sebagainya, Samapi saat ini PT. Sido Muncul Menjadi perusahaan yang masih disukai dikalangan masyarakat sehingga masih dalam posisi yang kuat untuk menghadapi.
  1. Proses Produksi
  2. Sido Muncul memiliki standar proses produksi jamu, yang pertama penerimaan bahan baku, bahan baku yang datang kemudian dicek QC (Quality Control). Ketika sudah terbukti memenuhi standar penerimaan dan standar penggunaan lalu bahan baku tersebut dimasukan kedalam gudang penyimpanan bahan baku, Kemudian bahan baku yang akan digunakan diambil dari gudang penyimpanan bahan baku untuk disortasi, setelah disortasi bahan baku kemudian dicuci, dijemur, digiling lalu kemudian di campur semua (Mixing). Ketika proses pencampuran, kami tidak diizinkan untuk melihat prosesnya karena ini adalah rahasia perusahaan. Kemudian pada saat pencampuran telah selesai hasilnya akan dikeluarkan melalui pipa-pipa unuk melakukan proses pengemasan primer (packaging primer).Setelah itu masuk keproses pengemasan Sekunder (Packaging sekunder) ini merupakan proses terakhir dalam pengemasan, kemudian produk yang sudah jadi diperiksa kembali dengan cara uji sampel. ketika sudah selesa i proses pengemasan skunder produk sudah siap untuk didistribusikan.hasil produksinya antara lain adalah
  • Jenis Serbuk            : Kuku Bima, Kuku Bima TL, Kuku Bima Gingseng, Kuku Bima Plus Tribulus.
  • Jenis Saset hisap     : Tolak Angin Permen
  • Jenis Fls                  : Tolak angin Flu, Tolak Angin anak
  • Jenis Botol               : Kuku Bima Ener-G
  • Jenis Saset              : Tolak angina Ekstra Hangat, Tolak angina
 
  1. Strategi Integrated Marketing Communication
Dalam memasarkan produk-produknya pasti PT. Jamu Sido Muncul memiliki strategi yang sangat bagus, karna Perusahaan ini sampai sekarang masih sangat kuat dalam menghadapi pesaingnya.Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh PT. sido muncul dan dilihat dari segi Integrated Marketing Communication adalah :
  1. Periklanan
Iklan merupakan informasi yang diberikan kepada masyarat yang memiliki tujuan untuk menarik minat beli terhadap komoditas atau produk tertentu. Dalam pembuatan iklan diperlukan keaslian, persuasif, dan karakteristik tertentu agar para pelanggan atau khalayak secara tidak langsung melakukan sesuatu reaksi sesuai apa yang diinginkan pengiklan. Rhenald kasali (1995:159) menerangkan bahwa umumnya iklan dibangun atas empat komponen yaitu:
  • Kesadaran, dalam meluaskan produk-produk yang baru dipasaran menarik calon pelanggan
  • Aspek Perilaku, adalah reaksi yang diinginkan pada calon pelanggan
  • Positioning adalah target pelanggan
  • Sikap yang diinginkan adalah dimana melibatkan sikap atau keunggulan produk itu
Akan tetapi bila ditelusuri melalui isi berita, iklan dapat dibedakan menjadi tiga, yakni iklan yang bersifat persuasif, pengingat(Reminder) dan informatif. Dalam kegiatan periklanan bila dilihat dengan kasus Tolak Angin yang dimiliki PT. Jamu Sido Muncul maka dapat dianalisis bersumber pada hal diatas maka sangat jelas sekali PT. Jamu Sido Muncul dalam mempromosikan Tolak angin menggunakan iklan seperti media massa terutama di televisi. Tolak angina sendiri dikenal dikalangan masyarakat dengan taglinenya yang berkata “Orang Pintar,Minum Tolak angin” dalam iklan tersebut tolak angin ingin menghangsut pelanggan bahwa ketika memilih obat masuk angin perlu minum tolak angina.  
  1. Promosi Penjualan
  2. Jamu Sido Muncul tidak hanya menggunakan media iklan akan tetapi menggunakan Strategi Promosi penjualan atau bisa dikatatan (Sales Promotion). Sales Promotion adalah kegiatan yang dilakukan guna mengajak secara langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk sesuatu produk pada distributor, sales force atau pelanggan langsung dengan maksud utama yakni membuat penjualan yang cepat. Promosi penjualan dilakukan guna mendapatkan pelanggan baru dan terciptanya penjualan yang meningkat dalam waktu yang dekat.
Salah satu tindakan Promosi PT. Jamu Sido Muncul adalah dengan mengemas produk Tolak angin dengan Permen tolak angin menjadi satu paket, dan keuntungan yang didapat PT. Jamu Sido Muncul adalah Tolak angina dapat terjual dan mengenalkan kepada masyarakat bahwa PT. Jamu sido muncul mempunyai produk baru, Bentuk lain promosinya adalah dengan menjadi Event Sponsorship. C . Public Relations Dalam menjualkan Produknya tentunya perlu diimbangi dengan reputasi perusahaan maupun produk yang bagus. Ternyata PT. Sido Muncul tidak melupakan hal ini,alasan PT. Sido Muncul. Mendirikan bangunan dikawasan Argowisata dengan luas lahan 1,5 hektar dari lahan seluas 7 hektar kawasan yang dimiliki oleh pabrik PT. Jamu Sido Muncul dan selebihnya merupakan kawasan pendukung untuk melakukan kegiatan kunjungan industri. Dalam Kunjungan biasanya mereka melakukan kegiatan seperti kegiatan edukasi tentang jamu â€"jamuan dan tanaman obat obatan sehingga masyarakat dapat menyaksikan kegiatan didalam lingkungan pabrik .Masyarakat yang datang juga dapat merasakan manfaat yang didapat tentang edukasi tanaman herbal yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Selain itu PT. Sido Muncul melakukan kegiatan Public Relations dengan cara mengadakan mudik bareng dengan memfasilitasi para pemudik dengan angkutan transportasi gratis dan kebanyakan diikuti oleh tukang jamu, acara ini memang dalam jangka pendek be lum kelihatan hasil akan tetapi dalam jangka panjang terlihat semakin banyak pelanggan memilih Tolak angin. Penulis : Moh. Arifudin NIM  : 1502025151 Kelas : 5C Manajemen Mata Kuliah : Branding Dan Komunikasi Sumber  : http://sidomuncul67.blogspot.co.id/p/blog-page_3366.html Gambar  : https://www.google.co.id/search?q=gambar+sidomuncul&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjiybGOnfDXAhUfSI8KHe5xA9wQ_AUICigB&biw=1366&bih=613#imgrc=HbRI7LHl2wc-uM: