Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

PT Garuda FOOD Kacang Garuda

PT Garuda FOOD Kacang Garuda PROFILE         Tudung didirikan diPati, Jawa Tengah pada tahun 1958 dan bergerak dibisn...

PT Garuda FOOD Kacang Garuda

Hasil gambar untuk kacang garuda food PROFILE
  1.         Tudung didirikan diPati, Jawa Tengah pada tahun 1958 dan bergerak dibisnis tepung tropika. Pendiri PT. Tudung mendiang Darmo Putra, mantan pejuang kemerdekaan Indonesia ini menekuni usaha setelah bangsa Indonesia merdeka, lalu Darmo mendirikan sebuah Garuda Food Group yang berawal dari PT. Tudung.
Garuda food merupakan perusahaan dibidang makanan dan minuman. Selain itu PT. Tudung juga menaungi SNS (PT. Sinar Niaga Sejahtera) yang bergerak dibidang bisnis distribusi logistic, PT. Bumi Mekar Tani (BMT) perusahaan ini bergerak dibidang plantations, PT. Nirmala Tirta Agung (NTA) memproduksi air minum dalam kemasan yang bermerek Prestine, dan Global Solution Institute (GSI) sedangkan perusahaan ini bergerak dibidang pelayan jasa pelatihan ,seminar, event organizer dan konsultasi manajemen. Dan pada tahun 1978 PT. Tudung merubah namanya menjadi PT. Tudung Putra jaya atau bisa disingkat menjadi (TPJ). Tahun 1978 PT.Tudung Putra Jaya menuual hasil barang produksinya yang berupa kacang dengan bermerekkan Kacang Garing Garuda yang biasa dibilang Kacang Garuda.Produk PT.Tudung Putra Jaya berupa kacang ini memproleh banyak penghargaan. Pada tahun 1997 PT.Tudung Putra Jaya mendirikan PT.Garuda Food Jaya untuk memproduksi dibidang biscuit bermerek Gery. Dan tahun 1998 ia juga mendirikan PT. Triteguh Manunggal Sejati yang bergerak dibidang jelly dan telah meluncurkan produk jelly yang bermerekan Okky dan Keffy. Ia mendirikan banyak perusahaan ini dikarenakan perekonomian dinegara Indonesia sedang mengalami krisis perekonomian yang sangat amat krisis. Dan pada tahun 2000 PT.Tudung Putra Jaya mengadakan rapat umum dengan para pemegang saham di PT. Tudung Putra Jaya, dalam rapat itu mereka menghasilkan perubahan nama menjadi PT. Garuda Food Putra Putri Jaya dan telah disepakati dan juga dipublikasikan kepada teman dan krabat PT. Tudung Putra Jaya. VISI DAN MISI Visi : “Menjadi perusahaan terbaik di industry makanan dan minuman di Indonesia, penjualan, dan kepuasan konsumen melalui karya yang kreatif dari seluruh karyawan yang kompeten “. Misi :
  1.      Dapat memberikan pelayanan kekonsumen dengan menyediakan produk- produk makanan dan minuman      berkualitas.
  2.      Membentuk komunitas karyawan untuk tumbuh bersama dan mengembangkan kualitas kehidupan, lingkungan kerja,
  3.       Menjadikan kemanfaatan jangka panjang yang berkesinambungan dalam meningkatkan  hubungan emosional antara perusahaan dengan seluruh mitra usaha.
  4.      Meningkatkan nilai bagi para  pemegang saham
STRATEGI PEMASARAN           Pada tahun 2012 PT.Tudung Garuda Food telah menguatkan strateginya. Hail ini disampaikan oleh Sudhamek AWS selaku direktur PT. Garuda Food pada saat ditemui oleh para wartawan saat peluncuran majalah baru Grand Indonesia Kempinski Jakarta.           Dalam metode strateginya ia membuat suatu strategi yang disebut Mitra Strategi. Dan Sudhamek belum mendapatkan pihak yang akan diajakanya untuk menjadi mitra strategisnya dan ia juga belum bisa mengatakan bahwa dia akan mencari banyak perusahan untuk menjadi mitra strategisnya.           Sebelumnya PT.Garuda Food Berencana akan memasuki pasar modal. Namun PT Garuda Food belum bisa mengatakan atau memastikan berapa banyak bagian saham yang akan mereka lepas dipasar modal. Sudhamek berbicara bahwasanya sampai saat ini ia sedang menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan penawaran saham perdana yang akan dia pasarkan dipasar modal.           Dan sampai pada saat ini PT. Garuda Food masih memilih rekan yang bisa menerbitkan daham perdana PT. Garuda Food ditahun 2012. Saat ini sudah banyak beberapa pihak yang siap untuk membantu atau menjadi rekan PT.Garuda Food dalam menerbitkan saham perdananya.           Sudhamek mengatakan bahwasanya PT. Garuda Food dari sepanjang tahun ini sampai 2009 ia memproleh pendapatan perusahan sebesar 4,1 triliun, tapi ia mempunyai target ingin mencapai pendapatan sebesar 5 triliun. Saat bertemu wartawan Sudhamek tidak menyebutkan angka pastinya tentang laba bersih yang ia dapat ditiap tahunnya.           Dan akhir ini Sudhamek dan PT. Garuda Food telah menargetkan penjualan terbaru sebesar 20 triliun untuk tahun 2015 dengan ekspansi pasar dalam negri dan luar negri. Untuk eskpor produk berupa makanan dan minuman yang diproduksi PT. Garuda Food sudah merambah ke Negri China dan India.           Sudhamek dan PT. Garuda Food mengatakan bahwasanya mereka optimis untuk bisa mencapai pejualan hasil produksinya untuk mencapai target yang telah mereka buat yaitu penjualan makanan dan minuman sebesar 20 triliun.           Target penjualan untuk 5 tahun kedepan berdasarkan pada pertumbuhan bisnis PT. Garuda Food selama kurun waktu 20 tahun terakhir. Dalam beberapa tahun terakhir kondisi ekonomi mulai kondisinya yang membuat PT. Garuda food menjadi semakin bersemangat dalam mengejar targetnya.           Beberapa upaya telah dilakukan, terkhusus dengan menjalan strategi yang mengembangkan sumber daya manusia. Ini menjadi keunggulan yang bagus PT. Garuda Food dalam memenangkan persaingan bisnis dalam bidang makanan dan minuman didalam negri. Prospek bisnis dibidang makanan dan minuman diNegara Indonesia masih sangatlah potensial, dengan ditunjang membaiknya pasar internasional.
  1.           Garuda Food masuk kedalam 5 besar perusahan industri makanan dan minumnya dinegrinya. Berdasarkan gabungan pengusaha makanan da minuman yang ada diseluruh Indonesia, perusahaan industri makanan dan minuman nasional pada saat 2009 tumbuh hanya 6% sedangkan PT. Garuda Food sendri berhasil tumbuhnya nilai 16%.
          Untuk Mencapai target Garuda Food tetap focus pada kategori inti yaitu bisnis makanan dan minuman dengan pasar dalam negri. Selain itu Garuda Food juga mempunyai niatan untuk makin ekspansif dipasar internasional serta penetras dalam kategori bisnis baru yang potensial pertumbuhan sehingga bisnis baru yang akan dijalankan akan mebuahkan hasil yang memuaskan bagi PT. Garuda Food.           Prospek diIndonesia masih sangatlah bagus, potensi pasar domestic ada setidaknya 30 juta orang dari total masyarakat diIndonesia, kata yang diungkapkan Dorodjatun.India dan China masih menjadi pasar potensial kami untuk beberapa tahun kedepan, jadi tak alasana atau sifat untuk tidak optimis , kata yang diungkapkan Sudhamek untuk menimpal Dorodjatun.           Membidik kelas menengah atau standar dengan pendapatan yang sanga terbatas, Dorodjatun beranggapan bahwa perusahaan akan berinovasi dalam kemasan dan merek yangbaru. Kami bisa memodifikasi kemasan yang lebih kecil sehingga harga jualnya dapat terjangkau oleh kelas menengah. Sementara itu untuk menghadapi produk dari negara asing dan juga memenangkan persaingan dalam negri PT. Garuda Food akan lebih mengutamakan citra rasa lokal. Citra rasa lokal yang kuat akan menjadi daya tarik konsumen untuk membeli dan menjadi pelanggan .           Sudah 20 tahun PT. Garuda Food berdiri dan saat ini PT. Garuda Food sudah memiliki 100 item produk dengan berbagai merek yang menjadi andalan mereka, namun penjualan biskuitlah menjadi yang terbesar. Diseluruh Indonesia PT. Garuda Food sudah mempunyai 11 pabrik yang besar dan tersebar dari Sumatera hingga kePapua Nugini. ANALISIS SWOT
  •         Strenght (Kekuatan)
  1.      GarudaFood memiliki citra baik nama perusahaan diwajah konsumen.
  2.      Bisa menjadi motivasi dan pelopor untuk perusahaan lain.
  3.      GarudaFood memiliki sistem distribusi yang baik dan juga sistem kerja yang sangat patut untuk ditiru.
  4. 4.      Produk dari garudaFood memiliki standar kualitas yang tinggi.
  •         Weakness (Kelemahan)
  1.      GarudaFood tidak memiliki produk dibidang kendaraan.
  2.      GarudaFood kekeuranga inovasi baru
  •         Opportunity (Peluang)
  1.      Membuat pasar baru untuk produk Garuda Food
  2.    Meningkatkan kualitas produk sehingga menjadi produk yang lebih tinggi diminati
  •         Threats (Ancaman)
         Pesaing lain dapat menjiplak atau meniru produk yang telah dibuat oleh PT. Garuda Food   Nama    : Muhammad Dicky Dewanto Kelas     : 5D Manajemen Nim       : 1502025157 Mata Kuliah  : Branding dan Komunikasi Pemasaran